Minggu, 21 Februari 2016

Peluang

1. Ruang sampel (S)
    Ruang sampel adalah himpunan semua hasil yang mungkin.Anggota ruang sampel disebut titik sampel. Contoh :
a. pelemperan sebuah mata uang logam
    S = {A,G}
b. Pelemparan dua buah uang logam
    S = {(A,A),(A,G),(G,A),(G,G)}
c. pelemparan sebuah dadu
    S = {1,2,3,4,5,6}
Cara mencari ruang sampel :
a. Dadu = 6 pangkat n
b. uang logam = 2 pangkat n
c. benda berbeda = n(s)= s1 x s2

2.Peluang (p)
   Peluang suatu kejadian merupakan nilai kemungkinan terjadinya suatu peristiwa

P(A) = n(A) / n(s)

ket : n(A) = banyak anggota A
        n(s) = ruang sampel

3. Frekuensi harapan

Fh(A) = N x P(A)

ket : n = banyak percobaan
        P(A)= peluang kejadian A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar