1. Ruang sampel (S)
Ruang sampel adalah himpunan semua hasil yang mungkin.Anggota ruang sampel disebut titik sampel. Contoh :
a. pelemperan sebuah mata uang logam
S = {A,G}
b. Pelemparan dua buah uang logam
S = {(A,A),(A,G),(G,A),(G,G)}
c. pelemparan sebuah dadu
S = {1,2,3,4,5,6}
Cara mencari ruang sampel :
a. Dadu = 6 pangkat n
b. uang logam = 2 pangkat n
c. benda berbeda = n(s)= s1 x s2
2.Peluang (p)
Peluang suatu kejadian merupakan nilai kemungkinan terjadinya suatu peristiwa
P(A) = n(A) / n(s)
ket : n(A) = banyak anggota A
n(s) = ruang sampel
3. Frekuensi harapan
Fh(A) = N x P(A)
ket : n = banyak percobaan
P(A)= peluang kejadian A
Tidak ada komentar:
Posting Komentar